01/11/2020

Adu Speknya Toyota C

2 min read

TEMPO.CO, Jakarta – Toyota Astra Motor dikabarkan sedang bersiap memasarkan Toyota C-HR. Dari pesan whatsapp yang masuk ke redaksi Tempo, salah satu sales mobil Toyota dari sebuah supplier di Jakarta menawarkan pemesanan Toyota C-HR. “Tanda jadi Rp 5 juta. Mulai bisa dipesan April,” tulis gross sales itu Selasa, 27 Maret 2018.

Apakah ini artinya, TAM segera membawa SUV yang sukses di Jepang itu ke Indonesia. Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto memastikan bahwa Toyota C-HR hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini. Soerjo berjanji akan segera memberikan informasi detail tentang Toyota C-HR, termasuk soal harga, waktu peluncuran, dan spesifikasinya. “Saat ini kami sedang dalam tahap persiapan,” kata Soerjo.

Baca:Toyota C-HR Segera Meluncur, Bertebaran Fitur Canggih

Di Indonesia, Toyota C-HR akan berhadapan dengan pemimpin pasar Low SUV yaitu Honda HR-V. Model Toyota C-HR memang memiliki garis desain yang berbeda jauh dari Honda HR-V, namun C-HR tampil lebih maskular. Dimensi C-HR panjang four.360 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.555 mm dan wheelbase 2.640 mm. Sedangkan Honda HR-V lebih kompak dengan panjang four.294mm x lebar 1.772mm x tinggi 1.580mm ditambah 2.610mm. Ukuran C-HR yang lebih besar tersebut untuk mengkompensasi ukuran kabin yang lebih pendek.

Honda HR-V di GIIAS 2016, ICE BSD, Serpong, Tangerang. (Dok Honda)

Mesin yang akan nemplok pada C-HR di malaysia yaitu mesin bensin 1.eight liter dengan 7-speed Sequential Shiftmatic CVT. Mesin ini akan menghasilkan tenaga a hundred and forty PS pada 6,four hundred rpm dan torsi 171 Nm pada four,000 rpm. Namun, kuat dugaan Toyota C-HR menggunakan mesin 1.5 liter miliki Toyota Yaris. Honda HR-V mengadopsi mesin berkapasitas 1.5 liter empat silinder segaris, DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 120PS pada 6.600 rpm dan torsi 145Nm pada four.600 rpm. Honda HR-V menggunakan transmisi guide dan otomatis dengan 6 percepatan. Honda HR-V juga memiliki versi mesin 1.8 liter.

Fitur keselamatan C-HR mengandalkan Antilock Brake System sebagai standar dengan Kontrol Stabilitas Kendaraan (VSC) dan Kontrol Traksi (TRC) serta sistem Pemantauan Blind Spot (BSM). C-HR juga dilengkapi dengan Electric Parking Brake dan Hill-start Assist Control (HAC) untuk mencegah kendaraan terguling ke belakang saat melewati di jalur yang curam.

Baca: Toyota C-HR: Performa Mesin Oke, Kabin Berdesain Minimalis

Pada Honda HR-V pengereman mengandalkan ABS+EBD+BA yang akan memaksimalkan sistem pengereman pada mobil ini agar tetap stabil. Honda HR-V ini, honda telah menyemartkan Dual Front SRS Airbags. Kemudian honda juga melengkapi struktur kerangka physique pada mobil ini dengan jenis G-CON + ACE. Ditambah honda juga melengkapi alarm system untuk pencegah pencurian.

Interior Toyota C-HR yang dipamerkan di showroom mewah Toyota Mega Web di Odaiba, Tokyo, Jepang, 28 November 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

Instrumen Toyota C-HR mengandalkan layar Optitron yang tajam serta Layar Warna 4.2-inci Multi-Information Display (MID). Ada juga G-monitor yang menunjukkan G-force saat menikung, akselerasi atau deselerasi. Adapun Honda HR-V dilengkapi layar sentuh 6,2 inci, AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA, USB untuk iPod /iPhone.

Bahkan soal harga, Toyota C-HR akan dipasarkan di kisaran harga Rp 300 jutaan mepet dengan Honda HR-V yang dijual mulai Rp 273,5 juta.

Baca: Kisah Kerepotan dan Perjalanan Koba Meracik Toyota C-HR

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.